Albert Enstein dan Gede Prama adalah dua dari beberapa guru kehidupan yang bisa kita jadikan inspirasi pembangkit motivasi. Sesuatu yang mereka katakan pasti sarat akan makna untuk pembelajaran di dunia yang katanya sebagai tempat mampir untuk ngombe ini. Kata-kata bijak Gede Prama & Albert Einstein pastinya disarikan dari pemikiran dan perenungan terhadap apa-apa yang sudah mereka alami dalam hidup dan kehidupan. So tidak cukup kuat alasan buat kita menolak apa-apa yang dikatakan Gede Prama dan Albert Einstein.

Melalui artikel bijak menurut Albert Einstein dan Gede Prama ini saya ingin sedikit membahas tentang dua buah kata bijak dari kedua orang luar biasa ini. yang pertama Albert Einstein pernah mengatakan : ‘Tidak semua yang dapat dihitung itu diperhitungkan & tidak semua yang diperhitungkan itu dapat dihitung’. Lalu pada kesempatan lain saya pernah membaca artikel Gede Prama dia berkata : ‘Tidak semua hal bisa dipikir & dilakukan manusia’. Dalam kehidupan, ada yang bisa dicapai, ada yang hanya layak disyukuri. Ada wilayah kehidupan yang bisa digedor dengan kerja dan usaha. Ada wilayah kehidupan yang hanya menjadi milik misteri.

Bijak ala Albert Einstein
Menarik menyimak apa yang dikatakan Albert Einstein, memang benar tidak semua yang dapat dihitung itu diperhitungkan & tidak semua yang diperhitungkan itu dapat dihitung. Pernah sekali waktu dalam hidup saya mengambil suatu tindakan yang secara kalkulasi rasional tidak diperhitungkan. Karena memang kalau dihitung-hitung tindakannya tidak bakal membuat saya diperhitungkan. Banyak orang juga menyarankan saya untuk tidak mengambil tindakan itu. Tapi karena keyakinan saya cukup kuat meski tidak bisa di jelaskan secara rasional saya tetap berjalan. Dan pada akhirnya hasil yang didapat membuat saya diperhitungkan. Tapi anehnya ketika semua bisa saya hitung malah hasil yang saya dapat justru membuat saya tidak diperhitungkan.

So, jika apa yang anda lakukan saat ini tidak dilirik atau diperhitungkan orang, janganlah berkecil hati. Karena sesuatu yang luar biasa itu sering kali tidak diperhitungkan di awal-awalnya!

Bijak ala Gede Prama
Orang-orang muda biasa bersemangat dan berapi-api. Berbagai kegiatan bertenaga seperti sekolah, kursus, aktivitas organisasi, seminar ini dan pelatihan itu semunya diikuti. Inti dari semua itu adalah apa yang bisa dilakukan dan dicapai orang lain kita pun bisa. Tidak ada yang tidak bisa. Hal ini menurut Gede Prama menyebabkan para motivator mendorong banyak orang agar cepat kaya. Bahkan Anthony Robbin dalam bukunya Awakening The Giant Within mensejajarkan manusia dengan raksasa. Membangun potensi luar biasa (raksasa) yang ada dalam diri.

Untuk orang-orang yang berjalan di jalan ini tidak ada yang salah memang. Karena hidup adalah pilihan-pilihan. Benar dan salah adalah relatif. Orang dijalan ini meyakini lebih tinggi kehidupan maka akan lebih baik. Dan mereka yang menua dengan bijaksana tentu tersenyum penuh pengertian.

Menggali potensi luar biasa dalam diri dimasa muda tentu baik. Tapi menganggap semua hal yang bisa dilakukan orang lain bisa juga kita lakukan, saya pikir bukanlah tindakan yang bijak. Optimisme yang tinggi bisa membuatnya sulit dibedakan dengan kesombongan. Nah jika kesombongan sudah mulai merapat, maka segeralah bersiap-siap.

Bukankah suatu kesombongan apabila kita menganggap semua bisa kita lakukan. Sehingga tak jarang membuat kita lupa akan kekuatan lain yang justru amat menentukan. Ingat ini dunia dualitas, segala sesuatunya diciptakan berpasang-pasangan. Jika ada yang bisa, pasti ada yang tidak bisa. Ini mengisyaratkan kita untuk selalu berhati-hati dan tetap rendah hati.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.